Senin, 15 Maret 2010

Cara Berbisnis Online Lewat Blog

Masih ngobrol seputar bisnis online, kali ini saya ingin membahas sedikit mengenai 4 cara berbisnis online lewat blog.

Apa bedanya bisnis online? Tentu ada mas.. Maka itu saya tertarik untuk menjelaskannya di sini hanya dari pengamatan saya.

Mohon input juga dari para senior, karena saya bukan pakar telematika seperti KRMT Roy Suryo bersaudara..

Sekarang, kita bedakan dulu antara bisnis online yang real, dan mendapatkan penghasilan dari pekerjaan kita di Internet.

Jika anda seorang yang memiliki website khusus berjualan, maka anda pantas disebut business owner.

Jika anda seseorang yang tidak memiliki produk tapi ikutan menjual produk orang lain, maka anda saya sebut sebagai affiliate marketer, dan mungkin juga reseller.

Bagaimana dengan blogger? Blogger punya cara tersendiri untuk mendapatkan penghasilan lewat Internet. Anda tentu sudah paham mengenai istilah Google Adsense, Text Link Ads, Backlinks, Penyedia ruang banner dsb.

Mari sekarang kita cek satu persatu mengenai cara berbisnis online lewat blog, dan tentunya anda harus punya blog untuk bisa mempraktekkan hal ini:

1. Berbisnis tukar menukar link. Anda punya blog dengan PR tinggi? Ini adalah kesempatan anda untuk menjual jasa tukar menukar link. Tidak perlu ikutan TLA atau BL, anda bisa memulai sendiri dengan memasang iklan di sidebar dengan bunyi: Pasang link di sini RP 100.000 per bulan.

2. Berbisnis lewat iklan baris gratis. Khusus wordpress, Mas Lutvi sudah menjual skrip Web Iklan Baris. Anda bisa mendapatkan di www.bisnisblog.co.cc nih.. Satu di antara pembeli skrip WIB itu adalah Mas Arief Maulana.

Dengan memasang wordpress iklan baris, anda juga bisa memasang premium ads, banner ads dan sebagainya di web anda.

3. Blog anda juga bisa disisipkan iklan banner dari program reseller dan affiliasi yang sudah anda ikuti. Pemasangan banner ini tentu harus sesuai dengan estetika, sehingga pengunjung tertarik untuk mengklik iklan anda, dan bisa terjadi sebuah transaksi bisnis.

Selain itu anda bisa menggunakan beberapa jasa iklan baris PPC Indonesia. Dalam hal ini, anda tidak perlu menuliskan lagi artikel berbau iklan di blog anda. Cukup masukkan keywords yang tepat, maka iklan anda akan muncul dengan rapi di kotak yang tersedia.

Anda tinggal menunggu klik dari pengunjung, maka rupiah akan mengalir ke rekening anda.

4. Cara keempat, anda bisa menjual jasa penulisan dan blogdesign kepada orang yang ingin memiliki blog, tapi tidak punya waktu atau tidak paham benar bagaimana cara membuat blog.

Jasa ini hampir sama seperti webdesign. Anda bisa pasang tarif sesuai dengan design dan artikel yang ingin dipasang di blog klien anda itu..

Tetapi…

Semua akan tergantung si pemilik blog.. Jika mau sukses, tentu anda harus kerja keras.. Dan kerja keras anda pasti berbuah manis, asalkan anda tekun dan sabar mengerjakannya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar